Perkuat Kolaborasi Strategis dan Kerjasama, Universitas Udayana Hadiri NUNI Presidential Forum and Annual Meeting 2024

Kolaborasi dan kerjasama dengan institusi lain baik di dalam maupun di luar negeri adalah salah satu langkah Universitas Udayana (Unud) dalam mencapai World Class University.  Guna mencapai tujuan tersebut, Unud dan 21 universitas yang tergabung dalam Nationwide University Network in Indonesia (NUNI) atau jejaring 21 perguruan tinggi di Indonesia aktif melaksanakan kolaborasi strategis untuk meningkatkan keunggulan akademik melalui riset kolaboratif, mobilitas penelitian, fakultas, dan mahasiswa.

Setiap tahunnya selalu dilaksanakan kegiatan rapat tahunan NUNI di berbagai universitas anggotanya. Universitas Sumatera Utara (USU) berkesempatan menjadi tuan rumah pada kegiatan tahun ini, (26 - 27 Agustus 2024).

Presidential Forum, Annual Meeting, serta Student Camp merupakan kegiatan tahunan NUNI yang di tahun 2024 ini mengambil tema “Utilization of Natural Resources and Technology for Contributing Sustainable Development Goals (SDGs).” Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk memperkuat kerja sama universitas di bawah naungan NUNI dengan memaksimalkan pertukaran gagasan, sumber daya, dan praktik terbaik dalam mendukung pembangunan lingkungan yang berkelanjutan.

Agenda pada forum tersebut meliputi Rapat Dewan Kemitraan, Rapat Pengurus NUNI bersama Liaison Officer dan pembahasan kegiatan gugus mobilisasi mahasiswa, gugus mobilisasi dosen dan tendik, gugus riset dan inovasi, serta gugus reputasi global. Pembahasan ini mengevaluasi kegiatan baik yang sudah dilaksanakan setahun terakhir dan merancang kegiatan yang akan dilakukan di tahun berikutnya.

Melalui rapat tahunan ini berbagai kesempatan terbuka untuk Universitas Udayana, dimana salah satunya adalah tawaran kolaborasi yang datang dari Universitas Maranatha dan Universitas Kristen Petra berupa kolaborasi Short Course Program dan Summer Camp di tahun 2025. Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi, Prof. Dr. dr. I Putu Adiatmika, M.Kes. beserta Koordinator Kantor Urusan Internasional, Senja Pratiwi, Ph.D. menanggapi dengan baik tawaran tersebut karena dapat meningkatkan jumlah mahasiswa asing dan untuk reputasi global Unud dan NUNI.