Monitoring dan Evaluasi Hasil Implementasi Kerja Sama Program Klinik Etik dan Advokasi Dengan Komisi Yudisial RI Tahun 2023

Penulis: Lab/Bagian Hukum Acara FH UNUD | Editor: Tim UPIKS FH UNUD

Denpasar, FLUNUD.ac.id – Rabu, 13 Desember 2023 telah dilaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) hasil implementasi kerjasama program Klinik Etik dan Advokasi dengan Komisi Yudisial Republik Indonesia (KYRI) periode pelaksanaan tahun 2023. Kegiatan monev bertempat di FH UNUD yang dihadiri langsung oleh Tim KYRI yang diketuai oleh Kepala Sub Bagian Kerja Sama dan Hubungan Antar Lembaga (Agus Susanto), dan diterima oleh Koprodi S1 Ilmu Hukum (Dr. Made Gde Subha Karma Resen, S.H.,MKn), Ketua Lab/Bagian Hukum Acara sekaligus Ketua Penyelenggara Program Klinik Etik dan Advokasi FH UNUD 2023 (Dr. Ni Nengah Adiyaryani,S.H.,M.H.) dan didampingi oleh Tim mentor Klinik Etik dan Advokasi dari Dosen-Dosen Lab/bagian Hukum Acara FH UNUD.

Kegiatan Monev diawali dengan penyampaian review umum terkait pelaksanaan Klinik Etik dan Advokasi Tahun 2023 oleh KYRI, Koprodi S1 Ilmu Hukum dan Ketua Penyelenggara Klinik Etik dan Advokasi FH UNUD Tahun 2023.

Pada kesempatan ini Tim Klinik Etik dan Advokasi FH UNUD juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program untuk dapat dijadikan bahan masukan penguatan pelaksanaan Klinik pada periode berikutnya. Dibahas pula berbagai rencana dan peluang kedepan untuk menyelaraskan pelaksanaan Klinik Etik dan Advokasi dengan kurikulum yang berlaku di FH UNUD termasuk sebagai bagian dari pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Diakhir pelaksanaan monev disampaikan pula harapan kedua belah pihak, untuk dapat terus melanjutkan kerjasama program Klinik Etik dan Advokasi pada tahun 2024 disertai dengan peluang untuk pelaksanaan berbagai program terkait lainnya seperti MBKM magang, MBKM riset maupun kerjasama dalam penulisan artikel jurnal.