Universitas Udayana Jadi Tuan Rumah Lapor! Goes To Campus

Jimbaran - Universitas Udayana (Unud) menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Lapor! Goes To Campus yang digelar oleh Kementerian PAN RB dengan berkolaborasi dengan Diskominfos Provinsi Bali, Ombudsman RI Perwakilan Bali, Diskominfo Kabupaten Badung, LLDikti Wilayah VIII, Universitas Pendidikan Ganesha, Institut Seni Indonesia Denpasar dan Universitas Udayana. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, Selasa (17/9/2024).

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga segmen yakni Kuliah Umum oleh Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Kementerian PAN RB Insan Fahmi, ST.,MM dengan topik Digitalisasi Penanganan Pengaduan Pelayanan Publik dan empat penanggap yakni dari Diskominfo Kabupaten Badung, Perwakilan Kemendagri, Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unud, dan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bali. Kemudian Talk Show Generasi Berani Lapor yang menghadirkan tiga narusumber yakni Anak Agung Gede Agung Wedhatama (Pendiri Petani Muda Keren), Dr. M. Imanuddin (Kementerian PAN RB), Vicka Cahyawati (Ketua Subtim Pengembangan Sistem Informasi Layanan dan Kualitas Layanan ULT Kemendikbudristek) dan diakhiri dengan penampilan Bondres MKP Bali.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes dalam sambutannya mewakili Rektor Unud menyampaikan Lapor! merupakan sebuah sistem pengaduan terkait layanan publik yang berbasis online, dimana melalui kanal ini akan memperoleh kemudahan dalam menyampaikan pengaduan terkait pelayanan publik khususnya yang melibatkan instansi pemerintah termasuk Universitas Udayana. Sistem ini dirancang untuk memfasilitasi komunikasi yang lebih efisien dan responsif, sehingga meningkatkan kualitas pelayanan publik secara keseluruhan.

"Universitas Udayana juga telah terhubung dengan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik yaitu Layanan dan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) ini sejak tahun 2018. Melalui kanal ini Universitas Udayana telah menerima berbagai laporan dari masyarakat terkait pelayanan akademis maupun yang lainnya dan sudah ditindaklanjuti melalui narahubung universitas. Sistem ini mengajak peran serta   masyarakat untuk lebih aktif dalam proses peningkatan kualitas pelayanan publik di Universitas Udayana," ungkap Wakil Rektor.

Pihaknya berharap melalui Aplikasi LAPOR! ini diharapkan dapat mewujudkan pemerintahan yang lebih transparan dengan melibatkan masyarakat secara aktif. Dalam hal ini para hadirin dan mahasiswa diharapkan untuk berperan serta dalam upaya ini dengan mempromosikan dan memanfaatkan LAPOR! sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Pj. Gubernur Bali dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Kominfos Provinsi Bali Ir. Gede Pramana, ST.,MT berharap kolaborasi yang telah terjalin dengan baik ini bisa tetap sinergis dan berkelanjutan demi perbaikan kualitas pelayanan publik. Kegiatan ini juga menjadi bentuk komitmen bersama untuk mengawal pengelolaan pengaduan pada instansi penyelenggaraan pelayanan publik serta meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui pengelolaan pengaduan yang sederhana, tepat, cepat dan tuntas.

Sementara Plt. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Abdul Hakim, S.Sos.,M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan harapan melalui kegiatan ini para mahasiswa memahami bagaimana cara kerja birokrasi yang memiliki tugas pelayanan, merumuskan kebijakan dan tentu harus berorientasi serta berdampak untuk masyarakat. Namun adakalanya ada hal-hal yang perlu mendapat masukan, ada hal-hal yang kurang tepat dan sebagainya, itulah mekanisme saluran Lapor! ini menjadi satu mekanisme yang diterapkan pada instansi pemerintah.

Dengan adanya kanal pengaduan ini diharapkan akan membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan yang penting mendapatkan aspirasi masyarakat khususnya generasi muda untuk mendapatkan pelayanan publik yang berkualitas.