JUPI Unud Selenggarakan Pelatihan Mendeley, Turnitin, dan Teknik Paraphrase untuk Academic Writing
Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah (JUPI) Unud selenggarakan “Pelatihan Mendeley, Turnitin dan Teknik Paraphrase untuk Academic Writing” secara online via Webex Meeting, Kamis (17/6/2021).
Pelatihan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., dengan menghadirkan tiga narasumber: (1) Made Adityanandana, SE., MA., Dosen Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Unud, berbicara tentang “ Manajemen Referensi Mendeley”; (2) Ayu Aryista Dewi, S.E.,M.Acc. Ak.,CA, Managing Editor E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana (SINTA 2) berbicara tentang “Aplikasi Anti Plagiat Turnitin”; (3) Prof. I Nyoman Darma Putra, M.Litt, Chief Editor Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies) Universitas Udayana (SINTA 2), berbicara tentang “Teknik Paraphrasing untuk Academic Writing”.
Acara dimoderatori oleh Dr. Ni Ketut Arismayanti, SSP.Par, M.Par. Undangan dari koprodi, dosen, mahasiswa Universitas Udayana, serta pengelola Unud Journal. Terdapat beberapa peserta dari universitas luar Unud: Unhi, Undiknas, ISI dan UPN Veteran Jawa Timur. Jumlah peserta yang hadir 313 orang.
Ketua Panitia Pelaksana, sekaligus Ketua Unit JUPI, Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, ST., MSc., PhD., IPM., menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memperdalam pemahaman dan praktek penulisan karya ilmiah cerdas bagi dosen dan mahasiswa, dengan memanfaatkan aplikasi Mendeley dan Turnitin, serta menggunakan teknik paraphrase yang tepat dan benar untuk menindaklanjuti hasil Turnitin. Bagi pengelola jurnal bertujuan untuk memperkuat substansi jurnal agara bisa mengupgrade akreditasi reputasi jurnal. Harapannya semoga pelatihan ini bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir sebagai upaya untuk mewujudkan karya tulis yang bermutu dengan ditunjang dengan pemanfaatan aplikasi penunjang penulisan/penelitian, dan tentunya dengan menggunakan Teknik paraphase yang tepat untuk penulisan referensi yang benar untuk menghindari praktek plagiarisme.