3.126 Peserta Terdaftar pada UTBK Seleksi Jalur Mandiri Program Diploma dan Sarjana Universitas Udayana Tahun 2024

Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Program Diploma dan Sarjana Tahun 2024. UTBK Mandiri tersebut berlangsung selama tiga hari dari tanggal 1 Juli sampai dengan 3 Juli 2024 yang terbagi dalam enam sesi ujian dengan jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 3.126 orang.

Adapun lokasi UTBK yakni pada Lab-Lab Komputer yang berada di Kampus Denpasar yang terbagi menjadi 6 lokasi dengan 12 ruang ujian dan jumlah peserta sebanyak 1.425 orang, serta di Kampus Jimbaran yang terbagi menjadi 8 lokasi dengan 16 ruang ujian dan jumlah peserta sebanyak 1.701 orang.

Materi yang diujikan dalam UTBK tersebut meliputi Tes Potensi Skolastik, Penalaran Matematika, dan Literasi Bahasa Indonesia dan Literasi Bahasa Inggris. Dalam mengikuti UTBK ini peserta diwajibkan untuk melihat lokasi ujian sehari sebelum pelaksanaan ujian, dan pada saat ujian membawa Kartu Tanda Peserta UTBK Mandiri Unud Tahun 2024 dan membawa dokumen resmi yang diminta yakni fotocopy Ijazah yang dilegalisir untuk lulusan tahun 2022 dan 2023, dan Surat Keterangan Lulus bagi lulusan tahun 2024 serta identitas diri seperti KTP atau SIM.

Selama mengikuti UTBK peserta tidak diperkenankan untuk keluar ruangan, membawa alat komunikasi, kamera, alat perekam, kalkulator dan catatan serta berbicara atau meminjam peralatan peserta lainnya. Total peserta yang terdaftar di hari pertama dalam dua sesi tersebut berjumlah 1.390 orang, sedangkan yang hadir mengikuti ujian sebanyak 1.221 orang.

Pada pelaksaan UTBK hari pertama Rektor dan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana, beserta Tim Monev meninjau pelaksanaan UTBK Mandiri yang berlokasi di Kampus Jimbaran dan Kampus Denpasar. Dalam tinjauan tersebut Rektor beserta Wakil Rektor berkoordinasi dengan Dekan, pengawas ruangan maupun teknisi terkait dengan kehadiran peserta yang mengikuti ujian, koneksi internet, serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan ujian tersebut. Rektor sangat berharap semoga pelaksanaan ujian yang dilaksanakaan tahun ini berjalan dengan baik dan lancar.