LPPM UNUD SELENGGARAKAN SEMINAR BHAKTI DESA 2015

Dalam rangka Dies Natalis ke 53 Universitas Udayana, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana, mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa Seminar Bhakti Desa 2015. Seminar yang dihadiri oleh seluruh Kepala Desa se Bali ini, dibuka Oleh Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta.

Terbitnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, menyebabkan Desa menjadi fokus pembangunan sehingga Desa tidak lagi sebagai objek dan sasaran, namun juga dijadikan sebagai wadah yang besar dalam melaksanakan pembangunan baik itu lintas sektor maupun lintas kementerian. Demikian disampaikan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika dalam Sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta saat membuka secara resmi Seminar Bhakti Desa 2015 yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana di The Patra Jasa Resort and Villas, Kuta, Badung, Bali (16/9)

Sementara itu ketua LPPM UNUD, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng. dalam laporannya menyatakan bahwa Seminar Bhakti Desa tahun 2015 ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalais ke 53 Universitas Udayana. Antara mengharapkan, seminar ini mampu untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan manajemen penggunaan dana Desa, mekanisme penyusunan RPJM Desa, pemahaman RKP Desa serta menumbuhkan potensi pemberdayaan sumber daya Desa

Seminar ini menghadirkan 7 orang narasumber yaitu :

  1. Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
  2. Kementerian Dalam Negeri
  3. Komisi XI DPR RI
  4. Kepala BPMPD Provinsi Bali
  5. Prof. Dr. I Ketut Rai Setiabudhi, SH., MS (Akademisi UNUD)
  6. Prof. Dr. I Wayan Suartana, M.Si. (Akademisi UNUD)
  7. Dr. Drs. I Gusti Bagus Putu Suka Arjawa, M.Si. (Akademisi UNUD)