Universitas Udayana Gelar Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEMADI) Tahun 2024

Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana (Unud) melalui Unit Pengelola Publikasi Ilmiah Mahasiwa (UP2IM) selenggarakan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEMADI) Universitas Udayana 2024 bertempat di Gedung Agrokomplek Lantai 4 Kampus Unud Sudirman Denpasar, Senin (2/9/24). 

Seminar yang mengambil tema "Membangun Desa Melalui Pemberdayaan Masyarakat Bersama Ormawa" ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana Prof. Ir. I Ketut Sudarsana, ST.,Ph.D yang ditandai dengan pemukulan gong, serta turut hadir dalam kegiatan ini yakni para Dosen Pembimbing PPK Ormawa tahun 2024 serta para mahasiswa lolos pendanaan PPK Ormawa tahun 2024.

Ketua Unit Pengelola Publikasi Ilmiah Mahasiswa (UP2IM) Unud Wayan Nata Septiadi dalam laporannya menyampaikan, Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEMADI) Ormawa ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Unud. Kegiatan ini bertujuan untuk menggugah para Ormawa di lingkungan Unud untuk lebih bersemangat atau lebih banyak terlibat dalam kegiatan membangun desa melalui kegiatan pengabdian ataupun kegiatan PPK Ormawa yang diadakan oleh Belmawa.

Kegiatan SEMADI Ormawa ini juga ditiru dari kegiatan yang diadakan oleh salah satu narasumber yang diundang hari ini yaitu Prof. Parmin dimana kegiatan ini cukup baik dan bisa memberikan gambaran maupun pengetahuan kepada Ormawa, sehingga diharapkan ke depan kegiatan ini bisa berjalan lebih baik lagi. Peserta yang ikut dalam kegiatan ini berasal dari Universitas Udayana, Universitas Jember, Universitas Tidar, Universitas Palangka Raya serta NTT.

Dengan adanya dua orang pembicara ini, diharapkan bisa memberikan gambaran dan pengetahuan serta semangat kepada Ormawa-Ormawa maupun PPK Ormawa untuk lebih bersemangat lagi membangun desa seperti tema yang diangkat pada hari ini.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof. I Ketut Sudarsana dalam sambutannya sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang mengarah bagaimana mengembangkan soft skill dari mahasiswa, dan untuk meningkatkan empati kepada mahasiswa-mahasiswa terhadap masyarakat, karena nantinya akan terjun ke masyarakat setelah menjadi lulusan. 

Di Universitas Udayana yang lolosan pendanaan di PPK Ormawa sebanyak sepuluh team dan mudah-mudahan nanti setelah penilaian kemajuan itu bisa masuk untuk mengikuti Penganugrahan Abdidaya Ormawa tahun 2024 yang akan dilaksanakan di Universitas Udayana.

Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan salah satu hilirisasi atau pengembangan soft skill mahasiswa setelah melaksanakan kegiatan pengabdian di desa, setelah itu akan melakukan penulisan karya ilmiah agar nanti bisa diterbitkan karena hasil ini akan diterbitkan juga dalam jurnal pengabdian masyarakat. Universitas Udayana berkomitmen bahwa kegiatan PPK Ormawa ini dimasukkan ke dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan dikonversi dengan dua puluh SKS.

"Oleh karena itu monitoring dan juga progress apa-apa yang harus dilakukan di lapangan itu kami catat dan kami review karena tim-tim review di Unit Pengembangan Karakter dan Pengabdian (UPKP) itu selalu untuk mendampingi ke desa dan juga mereview progres yang ada di desa untuk meyakinkan bahwa Ormawa atau tim pelaksana yang melaksanakan kegiatan di lapangan itu benar-benar melaksanakan kegiatan, sehingga konversi SKS itu tidak hanya sekedar mendapatkan SKS tapi memang benar-benar bermanfaat untuk tim dan anak-anak yang bekerja," ujar Prof Sudarsana.

Seminar ini juga menghadirkan dua pembicara yakni Prof. Dr. Parmin, S.Pd.,M.Pd dengan pemaparan materi Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan Internal Perguruan Tinggi, dan Dr. Ir. Ni Luh Gde Sumardani, S.Pt.,M.Si, dengan pemaparan materi Implementasi PPK Ormawa dalam Mendukung Implementasi MBKM.