Universitas Udayana Gelar Workshop Kelas Internasional dan Sosialisasi Permendikbudristek Nomor 53 tahun 2023

Rektor Universitas Udayana (Unud) membuka secara resmi Workshop Pengelolaan Kelas Internasional dan Sosialisasi Penerapan Kurikulum, Bahan  Belajar, Masa Studi, dan/atau Penilaian Hasil Belajar Sesuai dengan Ketentuan dalam Permendikbudristek Nomor 53 tahun 2023, pada Jumat (16/8/2024) bertempat di Bali Dynasti Resort, Kuta.

Agoes Hadi Birawan selaku Ketua Pelaksanana Workshop dalam laporannya menyampaikan bahwa terdapat dua agenda pada pelaksanaan workshop kali ini, yaitu tentang pelaksanaan kelas internasional dan sosialisasi penerapan Permendikbudristek No 53 Tahun 2024. Tujuan dari pelaksanaan workshop ini adalah sebagai ajang pertukaran informasi mengenai penerimaan mahasiswa serta pengelolaan kelas internasional dengan universitas terkemuka yang sudah mapan dalam pengelolaan kelas internasional dan imlementasi serta kiat-kiat pada masa transisi agar memenuhi kriteria ketentuan Permendikbudristek No. 53 tahun 2023. 

Rektor Universitas Udayana, Prof. Ngakan Putu Gede Suardana dalam pembukaan acaranya ini menyampaikan bahwa pelaksanaan workshop ini sangat penting karena meskipun di beberapa fakultas sudah ada cikal bakal kelas interansional, namun secara resmi kelas internasional belum berjalan. Rektor berharap dalam semester ini, kelas internasional bisa resmi mulai. Disamping itu Unud sudah menyiapkan ruangan yang representatif untuk kelas internasional.

Harapannya kepada peserta workshop agar dapat mengikuti dengan maksimal dan dapat memberikan khasanah yang tepat dan jelas dalam hal penerimaan dan penerapan kelas internasionl serta dapat mendorong pemahaman aturan Permendikbudristek untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi di Universitas Udayana.

Workshop ini menghadirkan 2 Narasumber dari instansi luar Unud yaitu dari Universitas Airlangga, Dr. Achmad Solihin, SE., M.Si yang menyampaikan materi tentang Mekanisme dan Regulasi Penerimaan Mahasiswa Baru Kelas Internasional di Universita Airlangga, serta Pembicara dari Universitas Gadjah Mada yang hadir secara daring, Prof. dr. Gandes Rento Rahayu, M.Med, Ed., Ph.D yang menyampaikan informasi tentang Mekanisme dan Regulasi Penerimaan Mahasiswa Baru Kelas Internasional di Universitas Gadjah Mada.

Sosialisasi Permendikbudristek Nomor 53 tahun 2023 disampaikan oleh Ketua LP3M Universitas Udayana, Prof. Nengah Sujaya, dan pemaparan terkait Pengkodean Mata Kuliah dan Proses Ekuivalensi disampaikan oleh Koordinator UP3D Universitas Udayana.