Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Laksanakan Workshop Peningkatan Mutu SDM
Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud) gelar Workshop Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia (SDM) untuk para Tenaga Pendidik di lingkungan Fakultas Pariwisata. Kegiatan yang bertema “Membangun Budaya Layanan Prima bagi Internal dan Eksternal Stakeholders” ini digelar pada Hari Kamis, 18 Juli 2024 di Ruang Aula Adnyana Manuaba Fakultas Pariwisata, Kampus Jimbaran. Workshop ini resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Pariwisata, Dr. I Wayan Suardana, SST.Par., M.Par. dan kemudian pelaksanaan kegiatannya didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Pariwisata, Yayu Indrawati, S.S., M.Par., Ph.D.
Narasumber yang diundang adalah narasumber yang sudah ahli dan profesional dalam memberikan pelatihan peningkatan SDM, sehingga tujuan workshop berhasil diterima dengan baik oleh seluruh peserta. Ida Bagus Purwasila, S.E., M.M. selaku narasumber menyampaikan materi yang diberi judul ”Peningkatan Kompetensi SDM dan Roleplay” dan dipandu oleh Novita Restiati Ina Wea, S.S., M.Sc. selaku moderator dalam sesi penyampaian materi dan sesi diskusi.
Saat ini para tenaga pendidik di lingkungan Fakultas Pariwisata telah melakukan kegiatan pelayanan dengan baik, namun masih perlu ditingkatkan lagi mutunya agar menjadi pelayanan yang prima. Pelayanan yang prima dipersiapkan dari sebelum memberikan layanan di kantor, sehingga menjadi tangung jawab masing-masing setiap individu. Tugas masing-masing individu adalah menjaga pikiran dan emosinya agar selalu positif dengan cara selalu bersyukur dalam menghadapi masalah, serta menjaga kesehatan dan kebersihan diri. Hal lainya yang ditekankan adalah lingkungan kantor yang nyaman dan bersih sehingga mempengaruhi pelayanan.
Selain mempersiapkan diri dan lingkungan dalam memberikan layanan, perlu untuk terlebih dahulu mempelajari karakter masing-masing orang yang akan menjadi penerima layananan. Semua hal penting ini digabungkan ke dalam unsur-unsur penting pelayanan yang disebut service excellence. Dalam penyampaian materi, narasumber juga memberikan games yang bertujuan untuk agar peserta memahami pentingnya fokus, kosentrasi, serta kerjasama dalam menjalankan tugas pelayanan.
Pelayanan yang prima harus dilakukan dari hati sehingga para penerima layanan merasa puas, terbantu, dan meninggalkan kesan yang baik. Hal ini harus terus dilatih sehingga menjadi sebuah kebiasaan dalam diri masing-masing tenaga pendidik di lingkungan Fakultas Pariwisata Unud.