Gedung GDLN Alami Kebakaran Akibatkan Layanan TIK Universitas Udayana Terganggu, Tim USDI Lakukan Recovery Data
Denpasar - Universitas Udayana (Unud) mengalami musibah kebakaran pada Gedung GDLN (Global Development Learning Network) yang berlokasi di Kampus Sudirman Denpasar, (16/7) siang. Kebakaran menghanguskan lantai 2 Gedung, dimana lokasi server yang merupakan pusat data TIK berada sehingga berdampak pada gangguan layanan yang berbasis digital. Tim Pemadam Kebakaran Kota Denpasar dengan sigap melakukan pemadaman.
Disamping itu juga turut terjun ke lokasi yakni pihak Kepolisian, BPBD, PLN dan pihak terkait lainnya hingga api berhasil dijinakkan. Pada musibah kebakaran ini api juga membakar atap dua bangunan ‘Pelinggih’ yang ada di Pura Maha Widya Amrta yang lokasinya berada di sebelah barat Gedung GDLN. Dilaporkan bahwa tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian belum dapat diperkirakan.
Rektor Unud Prof. Ngakan Suardana yang langsung ke lokasi pasca mendapat laporan mengimbau seluruh civitas akademika Universitas Udayana dan masyarakat sekitar untuk tetap tenang dan memberikan dukungan moral bagi yang terdampak. Pihaknya juga berterima kasih kepada Pemadam Kebakaran, Kepolisian, BPBD, PLN, Dinas Perhubungan dan semua pihak yang telah merespon musibah ini dengan cepat. “Universitas Udayana segera mengambil langkah-langkah lebih lanjut terkait dengan pemulihan dan penanganan dampak dari kebakaran ini,” ungkapnya.
Setelah api berhasil dipadamkan Rektor Unud segera melakukan pertemuan terbatas dengan para pimpinan dan unit terkait untuk membahas langkah-langkah lebih lanjut yang akan dilakukan untuk menangani dampak kebakaran ini. Rektor juga telah mengeluarkan Surat Edaran terkait permakluman gangguan layanan TIK Universitas Udayana kepada civitas akademika.
Pasca kebakaran, Tim USDI (Unit Sumber Daya Informasi) melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait sesuai arahan dari Rektor untuk melakukan Recovery Layanan TIK di Universitas Udayana. Melalui Data Backup yang disimpan di Datacenter Gedung USDI Kampus Jimbaran, Website Unud sebagai pintu utama akses TIK berhasil dipulihkan dua jam dari sejak ruang datacenter terbakar, sehingga laman dapat di akses untuk memberikan informasi kepada stake holder terkait gangguan yang terjadi. Langkah selanjutnya Tim melakukan mitigasi server dan perangkat jaringan yang berada di lokasi kebakaran dengan memindahkannya ke Gedung USDI di Jimbaran sebagai upaya awal penyelamatan data-data aplikasi yang selama ini dipergunakan menunjang kegiatan Tridharma perguruan tinggi di Universitas Udayana.
Ketua USDI Unud Dr. Ir. Dewa Made Wiharta, ST.,MT menyampaikan bahwa Tim USDI sedang dalam upaya pembersihan server-server dan perangkat jaringan dari air, maupun abu, melalui SOP yang sudah didiskusikan dengan Vendor penyedia Server(Perangkat). Langkah selanjutnya adalah recovery data dan aplikasi baik dari Backup Data yang ada di Datacenter USDI, maupun dari data-data yang bisa dipulihkan dari server-server yang sebelumnya dimitigasi dari reruntuhan kebakaran. Diantaranya layanan yang sudah bisa dipergunakan per 19 Juli 2024 adalah Web Unud, Dashboard IMISSU, dan aplikasi video conference.
Dalam dua hari ke depan, akan diupayakan untuk mengaktifkan layanan E-Payment, E-Registrasi, Sistem UTBK, dan SIMDOS. Selanjutnya akan diupayakan untuk mengaktifkan aplikasi-aplikasi lain sehingga layanan TIK di Universitas Udayana akan berangsur-angsur pulih. “Kami dan Tim USDI akan berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan data, sehingga tim akan tetap bekerja pada Sabtu dan Minggu ini,” pungkasnya.