SOSIALISASI IMISSU

Bukit Jimbaran, Sosialisasi IMISSU (Integrated Management Information System Of Unud) dilaksanakan hari KAMIS, (25/06/2015) di Lt.III Ruang Bangsa Gedung Rektorat Universitas Udayana pada pukul 09.00 WITA. Acara ini resmi dibuka oleh Bapak Prof.Dr.drh. I Made Damriyasa, MS (Pembantu Rektor Bidang Akademik/PR I) dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa tujuan dari sosialisasi ini berfokus kepada SIMAK (Sistem Informasi Management Akademik) agar lebih efektif dan efisien dimana data mahasiswa masih banyak yang perlu diperbaiki. Maka dari itu Bapak Prof.Dr.dr.Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD (Rektor Universitas Udayana) membentuk USDI (Unit Sumber Daya Informasi) untuk membangun IMISSU dimana visi dari IMISSU ini adalah “Bersatu Membangun Universitas Udayana”. Pembentukan IMISSU ini juga berfungsi agar Dosen tidak repot menyusun beban kerja dosen. Dan target tanggal 5 Juli 2015 ini sistem IMISSU dapat dioperasikan.

Selain Bapak PR I, Bapak Prof.Dr.Ir.Ketut Budi Susrusa, MS (PR II) dan Bapak Prof.Drs.I Made Suastra, Ph.D (PR IV) juga hadir dalam acara ini. Dalam acara sosialisasi ini menghadirkan beberapa narasumber diantaranya yaitu Prof. Dr.Ketut Gede Darma Putra, S.Kom selaku (Kepala USDI), I Nyoman Piarsa, ST., MT (Sekretaris USDI), Agus Muliantara, S.Kom.,M.Kom (Kepala Bidang Layanan USDI), I Made Sukarsa, ST., MT (Kepala Bidang dan Pengembangan Integrasi USDI). Selain itu sosialisasi ini dihadiri oleh Para Pemimpin dari seluruh program studi dan operator dari setiap fakultas. Penanggung jawab acara sosialisasi ini  yaitu Bapak Drs.Ketut Amoga Sidi (Kepala BAA Universitas Udayana) yang juga hadir dalam acara sosialisasi ini.

Dalam acara ini Bapak Prof. Dr.Ketut Gede Darma Putra menjelaskan tahapan demi tahapan tentang Pengenalan IMISSU dimana  beliau menyampaikan beberapa penjelasan yaitu:

  1. Bandwidth Internet Universitas Udayana 210 Mbps. Sehingga menyebabkan internet yang berada dalam lingkungan Universitas Udayana lambat. Sehingga beliau melakukan upaya pembatasan bandwidth.
  2. Pengelolaan Email Baru yang bekerjasama dengan google. Mengingat email lama sering terkena spam. Sehingga email yang akan digunakan: @unud.ac.id untuk Dosen, @student.unud.ac.id untuk Mahasiswa
  3. SMS Masking Unud yang terdiri dari INFO UNUD dan USDI UNUD. Jadi jika ada informasi penting untuk Para Dosen dan Pegawai Universitas Udayana akan dikirimkan lewat SMS yang berlabel INFO UNUD dan      USDI UNUD. SMS ini akan dikirimkan ke nomer handphone dosen dan pegawai yang telah terdaftar di dalam SIM REG (Sistem Information Management Registration).
  4. SSO (Single Sign On) merupakan ujung tombak kemajuan integrasi sistem unud. Dimana di dalam SSO ini: Seluruh Dosen, Pegawai, Mahasiswa harus memiliki user account SSO agar bisa login ke dalam IMISSU; Operator SIMAK bertugas mendaftarkan account SSO Dosen dan Pegawai; Tanggal 5 Juli 2015 merupakan batas akhir pendaftaran User Account IMISSU 
  5. Sesuai dengan Visi dari IMISSU yaitu “Bersatu Membangun Universitas Udayana” maka Sistem SIMAK-MUTASI-WISUDA-SPP-BNI akan menjadi satu di dalam sistem dan dikirim ke PD (Pengolah Data) DIKTI Feeder.

Selanjutnya pukul 13.00 WITA dilanjutkan dengan acara Pengenalan Sistem Informasi IMISSU yang dibuka oleh Bapak Drs.Ketut Amoga Sidi. Dalam acara ini Bapak I Nyoman Piarsa, ST., MT; Agus Muliantara, S.Kom.,M.Kom; I Made Sukarsa, ST., MT selaku narasumber menjelaskan tata cara pemakaian IMISSU kepada Seluruh Operator masing-masing Fakultas. Dimana Sistem yang dijelaskan yaitu Pengenalan SSO, Penggunaan SIMAK, Penggunaan Sistem MUTASI dan Penggunaan Sistem WISUDA. (USDI)