Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik FISIP Unud Selenggarakan Seminar Nasional Administrasi Publik tahun 2021

Himpunan mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana selenggarakan Seminar Nasional Administrasi Publik tahun 2021 dengan tema "Penerapan Sistem Digitalisasi dalam Mengoptimalkan Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19" yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi video conference Cisco Webex. Sabtu, (4/9/2021). 

Seminar dibuka oleh Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Antara, M.Eng. IPU dengan menghadirkan beberapa Narasumber yakni 1) Rini Widyantini, S.H., MPM dari Kemen PAN-RB, 2). Widhi Novianto, S.Sos., M.Si. dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI dan 3) Dr. techn. Wikan Danar Sunindyo, S.T, M.Sc. dari STEI (Institut Teknologi Bandung) ITB, dengan dipandu Moderator Ni Putu Bayu Widhi Antari, S.I.A.,MPA. 

Ketua panitia pelaksana I Kadek Andre Dwika Permana Putra dalam laporanya menyampaikan, Seminar Nasional Administrasi Publik tahun 2021 ini merupakan program kerja tahunan himpunan mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana. Seminar ini diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai instansi di Indonesia. Melalui pelaksanaan seminar ini diharapkan dapat menambah pengetahuan peserta mengenai sistem digital dalam pelayanan publik. Seminar kali ini juga mengadakan kegiatan Call for paper dengan tema pilihan yakni Inovasi dalam Pelayanan Publik, Smart City dalam Tata kelola Pemerintahan dan Kinerja ASN. Terdapat kurang lebih 16 makalah peserta Call for paper yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. 

Wakil Dekan I FISIP Dr. Drs. I Nengah Punia, M.Si menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada himpunan mahasiswa Administrasi Publik yang telah berinisiatif  menyelenggarakan seminar Nasional dengan menghadirkan para pembicara yang berkopeten dibidangnya. Tema seminar ini perlu disosialisasikan kepada Aparatur Sipil Negara atau organisasi-organisasi yang sifatnya memberikan pelayanan kepada masyarakat. Di era teknologi 4.0 ini, teknologo memiliki peran yang sangat penting di dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara termasuk juga di kalangan dunia pendidikan. Dengan adanya covid 19 ini teknologi 4.0 proses perkembangannya lebih dipercepat. Program seminar ini juga merupakan suatu implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu bagaimana kita bisa tetap melayani masyarakat dengan baik atau melakukan pengabdian kepada masyarakat umum. 

Sementara itu Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Antara, M.Eng. IPU dalam sambutanya menyampaikan Penggunaan sistem digital tentunya sudah sangat lumrah kita temui dalam kehidupan bermasyarakat, salah satunya dalam bidang pelayanan publik. Birokrasi pemerintah serta fungsi birokrat menjadi salah satu hal yang tentunya memiliki andil serta pengaruh yang cukup kuat dalam bidang tersebut. Desakan demi desakan terus hadir yang mengharuskan pemerintah serta masyarakat saling bahu membahu menciptakan inovasi serta kreasi dalam hal pelayanan publik untuk mempertahankan sistem birokrasi serta administrasi yang berlangsung dalam suatu pemerintahan. 

Rektor berharap kepada seluruh peserta dapat meramaikan kegiatan ini dan untuk tetap saling berupaya berkontribusi untuk menciptakan berbagai pelayanan publik yang sesuai dengan arus revolusi industri 4.0. “Dengan adanya seminar ini, besar harapan kami sebagai salah satu institusi pendidikan untuk dapat memberikan pemahaman secara menyeluruh kepada masyarakat dan khususnya civitas pendidikan agar lebih mengetahui tentang penerapan sistem digitalisasi dalam pelayanan publik”, tegas Rektor Unud.