SiISYANA Solusi Inovatif Pengelolaan BMN di Universitas Udayana
Jimbaran - Universitas Udayana melakukan launching Sistem Informasi Inventaris Udayana (SiISYANA) bertempat di Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Rabu (04/03/2020). Acara launching dihadiri oleh Para Wakil Rektor, Ketua SPI, Kepala Biro, Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Direktur BPU, Kepala USDI dan Tim serta Perwakilan dari RS Unud. SiISYANA merupakan sistem pencatatan Barang MIlik Negara (BMN) untuk seluruh unit dilingkungan Universitas Udayana yang terintegrasi dengan SIMAK BMN.
Kepala Biro Umum Drs. Ketut Amoga Sidi menyampaikan pembuatan sistem informasi ini dilatar belakangi dengan Label dari SIMAK BMN yang belum memberikan informasi yang memadai, aplikasi bersifat standalone dan mutasi BMN kurang terkontrol. Melalui kerja sama dengan Tim USDI, Biro Umum membuat Sistem Informasi Inventaris yang diberi nama SiISYANA. Dengan adanya SiISYANA ini, label BMN dilengkapi QR Code, tidak manual, informasi lebih detail dengan pindai QR Code dan meminimalisir kesalahan pelabelan BMN. SiISYANA juga terintegrasi dengan database dari SIMAK BMN dan juga terintegrasi dengan SIPIRANG.
Melalui SiISYANA diharapkan pengelolaan BMN memiliki riwayat mutasi jelas, penghapusan tersistem, BMN dilengkapi foto, update data secara real time, daftar barang ruang terupdate, identifikasi rencana kebutuhan barang milik negara jelas dan menunjang pembangunan Sistem Informasi Digitalisasi Aset Negara.
Sementara Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi yang secara resmi melaunching SiISYANA, dalam arahannya menyampaikan Universitas Udayana memiliki sekitar 70 sistem informasi yang diharapkan dapat menunjang pengelolaan manajemen perguruan tinggi. Dengan tambahan SiISYANA ini diharapkan dapat menunjang pengelolaan aset universitas di mana melalui sistem ini aset akan ter-update setiap saat dan real time, dan dapat diakses melalui mobile phone.
Rektor berharap semua sistem yang ada dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan BMN selaku penanggung jawab sistem yang dilaunching hari ini agar segera melakukan sosialisasi dan turun ke unit-unit untuk dapat mengimplementasikannya. Unit kerja juga agar mendukung hal ini, sehingga dapat memberikan manfaat sesuai dengan yang diharapkan. Semua aktivitas yang dilakukan diharapkan memiliki output dan outcame yang jelas. Dalam kesempatan tersebut Rektor juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan sistem ini.