BEM PM Universitas Udayana kembali menyelenggarakan PMU V tahun 2016

Pemberian materi public speaking oleh Kadek Ridoi Rahayu, S.K.M., M.P.H.

Pemimpin Muda Udayana V kembali di gelar pada 5 dan 6 november 2016.  Kegiatan ini mengambil dua tempat berbeda yakni di Pantai Kelan,Kedonganan dan Aula Perpustakaan Lantai 3. Pemimpin Muda Udayana merupakan program kerja dari Badan Eksekutif Mahasiswa Pemerintahan Mahasiswa Universitas Udayana di bawah Kementrian Pendidikan.  Di tahun yang ke-5 ini Pemimpin Muda Udayana V (PMU V) mengusung Tema “Banggakan Integritas, Bagikan Teladan.”

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan mahasiswa menjadi Pemimpin dalam segala aspek kehidupan baik di kampus maupun lingkungan masyarakat, menciptakan calon pemimpin bangsa yang lahir dari kalangan intelektual kampus (mahasiswa) yang memiliki karakter dan peka terhadap lingkungan sosial, memberikan gambaran nyata mengenai proses dan dinamika kehidupan organisasi kemahasiswaan dan menjadi salah satu wadah proses pembelajaran dan kaderisasi organisasi kemahasiswaan secara berkesinambungan.

Peserta yang mengikuti PMU V, melewati proses seleksi diantaranya pada sesi pertama terdapat 70 peserta yang berhasil melewati tahap wawancara, disesi 2 terdapat 40 peserta, dan berakhir disesi 3 dengan 30 peserta.

Adapun kegiatan di setiap sesi yang diikuti oleh peserta PMU V yaitu pada sesi pertama, Meet Up Alumni PMU yang bertujuan untuk proses saling mengenal antara peserta dengan Alumni PMU (mentor). Disesi kedua yaitu sesi Public Speaking and Leadership Training yang merupakan bentuk pelaksanaan berupa penyampaian materi oleh narasumber yang memiliki pengalaman dan berkompeten mengenai public speaking. Selanjutnya sesi ketiga mengisi kegiatan dengan Sharing Santai dan Temu Akbar Alumni PMU yang dikemas dengan Bakti sosial di pantai Kelan, Kedonganan dan Stadium Class yang diisi oleh Alumni PMU 1, 2, 3, dan 4.

Menurut Andhi Chandra Suyatno selaku Ketua Panitia PMU V mengungkapkan bahwa “materi pada ke tiga sesi ini sangat dibutuhkan bagi para calon pemimpin, dimana ketika seorang pemimpin memiliki public speaking yang baik, maka komunikasi yang dilakukan dengan siapapun dan dari kalangan manapun bukan lagi menjadi permasalahan.” Jelasnya.

Dalam pemberian materi di setiap sesi diisi oleh  Kadek Ridoi Rahayu (The President of the Indonesian Students Associatoin in the United States of America (PERMIAS), New Jersey) dan Bagus Padmaningrat (Wapresma BEM-PM UNUD 2015). 

Suasana renungan malam dengan para peserta PMU V

Selain berbagi materi kepada para peserta, terdapat kegiatan sosial lainnya seperti bersih-bersih pantai, beberapa games ringan, acara api unggun (pensi) dan renungan malam yang diikuti oleh seluruh peserta yang telah bergabung di PMU V ini. Dari pelaksanaan PMU V diharapkan para peserta dapat dengan maksimal menjadi sosok pemimpin di lingkungan kampus maupun masyarakat.(khania)