Udayana Gelar Gebyar Festival Wirausaha 2016

Mendorong jiwa kewirausahaan di tubuh mahasiswa, Udayana menggelar  Gebyar Festival Wirausaha dan Focus Group Discussion di kompleks ged agrokompleks Universitas Udayana Denpasar, (30/8).

Gebyar Festival Wirausaha Unud 2016 & Focus Group Discussion kali ini mengusung tema “Strategi Pendataan Alumni dan Pengembangan Karir”. Kegiatan ini dibuka oleh wakil rektor IV, Prof. Drs. I Made Suastra, Ph.D. Festival ini juga dimeriahkab dengan peluncuran buku Derap Langkah Wirausaha Muda Udayana.
Menjadi salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis universitas udayana, kegiatan ini melibatkan mahasiswa yang mengikuti UKM kewirausahaan. Pada momen ini menjadi ajang peluncuran buku kewirausahaan. Seperti halnya yang diungkapkan Pembina UKM Kewirausahaan Unud, Sutrisna Dewi bahwa kegiatan ini menjadi ajang peluncuran buku perdana kewirausahaa.

“Pada kegiatan ini juga menjadi ajang untuk launching produk karya mahasiswa yang sudah siap dipasarkan,” tandasnya.
Dengan memegang konsep yaitu menggalang kekuatan dengan bersinergi, Sutrisna memaparkan bahwa sebagai wirausahawan tidak ada yang bisa melakukan sesuatu dengan mandiri. Sehingga pada kegiatan yang dirancangnya ini juga mengikutsertakan wirausaha internal dan eksternal. Terbukti dengan adanya produk dari masyarakat umum yang ikut meramaikan stand gebyar wirausaha ini. “Jadi yang turut hadir tidak hanya dari kalangan mahasiswa, tapi kami mengundang masyarakat umum juga, sebagai bentuk konsep bersinergi tersebut,” tuturnya.
Dengan menggunakan 3 spot yang berbeda, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari. Acara pembukaan yang berlangsung di Ruang Nusantara, sekaligus menjadi momen Launching Buku Derap Langkah Wirausaha Muda Udayana. Selanjutnya bertempat di luar Ruang Nusantara, terdapat stand pameran produk hasil incubator bisnis yang diikuti oleh alumni dan mahasiswa Unud. Spot ketiga terdapat di areal parkir Agrokomplek. Stand yang paling meriah ini diramaikan dengan pameran produk masyarakat umum. Serta menjadi spot utama pengunjung karena terdapat stand makanan.
Tak hanya diikuti oleh para wirausahawan, kegiatan ini juga melibatkan berbagai usia. Salah satunya terdapat acara menggambar dan mewarnai oleh anak-anak. Serta dimeriahkan juga dengan penampilan fashion show endek pada hari kedua.  Acara puncak dari kegiatan gebyar Wirausaha UNUD Festival ini adalah pemilihan Duta Wirausaha Muda Udayana 2016. Berlangsung pada tanggal 31 Agustus 2016, acara ini akan ditutup yaitu dengan performance dari band Nosstres. (jnt)