Dua Dosen FK Unud Menjadi Narasumber Pada Ajang The CEERRF International Week 2024

Dua Dosen FK Unud Menjadi Narasumber Pada Ajang The CEERRF International Week 2024


Perwakilan dari Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi (PSSFPF), Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud), diundang sebagai narasumber dalam International Week yang diselenggarakan oleh Centre Européen D’enseignement En Rééducation Et Réadaptation Fonctionnelle (CEERRF), Paris, pada tanggal 24 – 28 Juni 2024. Adapun dalam kesempatan ini, perwakilan dari PSSFPF yang diundang sebagai narasumber yaitu I Putu Gde Surya Adhitya, S.Ft., M.Fis., Ph.D, dan Gede Parta Kinandana, S.Ft., Ftr., M.Fis.


Acara dibuka dengan sambutan dari Arnaud Cérioli selaku direktur dari CEERRF, dan Emiliano Castillo, selaku perwakilan dari international office. Setelah sambutan, lalu dilanjutkan dengan kuliah umum mengenai peran rehabilitasi dalam kegiatan kemanusiaan yang disampaikan oleh Pierre Moreau, Fisioterapis dari Prancis yang bertugas dalam Doctors without Borders. Lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi di tiap-tiap kelas dimana seluruh peserta yang merupakan mahasiswa CEERRF dari tahun ke-2 dan tahun ke-3, masing-masing di bagi ke dalam 4 kelompok kecil. 


Mahasiswa lalu secara bergilir menghadiri kelas yang diisi oleh berbagai narasumber antara lain:

* Gede Parta Kinandana dari Indonesia yang menyampaikan topik mengenai Spinal Manual Therapy and underlying effect, serta classification system of lower back pain

* Ludovic Nassel dari Belgia, yang menyampaikan topik mengenai Concept Bobath et Le Métayer pour l’enfant paralysé cerebral

* Vasileios Korakakis dari Yunani, yang menyampaikan topik mengenai Blood flow restriction training in clinical setting, serta Contemporary evidence on Blood Flow Restriction Training. Friend or foe?

* I Putu Gde Surya Adhitya dari Indonesia, yang menyampaikan topik mengenai shoulder examination as preventive screening dan physical therapy examination in shoulder impingement.

* Pierre Moreau dari Perancis, yang menyampaikan topik mengenai Spécificités de prise en charge de la main brulée en rééducation

* Laurent Pitance dari Belgia, yang menyampaikan topik mengenai Le concept Mulligan appliqué à l'entorse de cheville, dan

* Joachim Van Cant dari Belgia, yang menyampaikan topik mengenai Le syndrome fémoro-patellaire, principes généraux et processus diagnostique.


Acara juga diikuti dengan penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS) di bidang Pendidikan, penelitian antara Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan CEERRFF yang ditanda-tangani langsung oleh Francois Anelli, presiden dari CEERRF.