Kata Perserta dalam ICAMSAC 2023

Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Udayana menggelar International Conference on Applied Mathematics, Statistics, and Computing (ICAMSAC) 2023. Seminar internasional ini diadakan dalam dua hari, yaitu 21 dan 22 November 2023. Pada Hari pertama, enam pembicara dari berbagai negara telah menyampaikan materi yang sangat menarik pada bidang Informatika dan Matematika. 


Kegiatan hari kedua diisi dengan presentasi peserta pemakalah secara paralel. Sebanyak 99 peneliti telah menyampaikan hasil penelitian dalam sesi presentasi paralel. Berbagai topik penelitian telah disampaikan dalam presentasi paralel, seperti topik software engineering, pengenalan pola, model matematika, pendekatan UI/UX, aplikasi mobile, dan penggunaan metode kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan deep learning.



Pemaparan secara paralel ini diharapkan dapat memberikan kesempatan pada para peneliti atau akademisi untuk mempresentasikan hasil penelitian dan hasil pemikiran ke peneliti lainnya, mahasiswa, dan publik. Dalam penyampaiannya, peserta kegiatan dan presenter juga dapat memberikan saran, pertanyaan, dan kritik yang membangun sehingga para peneliti mendapatkan feedback untuk memperbaiki penelitian atau sebagai bahan untuk penelitian selanjutnya. Seminar paralel yang diadakan juga memungkinkan peserta untuk berinteraksi lebih dekat dengan sesama peserta yang memiliki minat serupa. Hal ini dapat membantu dalam membangun jaringan profesional dan kolaborasi potensial di masa depan.


Salah satu peserta presentasi paralel, Fathiyarizq Mahendra Putra dari Universitas Gadjah Mada berpendapat bahwa sebagai mahasiswa dan presenter, beliau mendapatkan banyak insight mengenai penelitian lain yang berkenaan dengan komputasi dan data, juga memberikan kesempatan terhadap beliau untuk mempresentasikan penelitiannya dengan tim. Mahendra berharap di tahun depan seminar internasional ini tetap terus terlaksana lebih baik lagi, dan akan lebih baik lagi apabila semua orang menggunakan bahasa Inggris secara keseluruhan, mulai dari pembawa acara hingga sesi tanya jawab.


Peserta presentasi paralel lainnya, Ni Kadek Emik Sapitri dari Universitas Brawijaya yang juga adalah alumni Prodi Matematika Udayana. Beliau senang bisa kembali ke Udayana di acara seminar ini. Dosen-dosen dan panitia semuanya sangat ramah. Keynote speakers yang diundang juga topiknya menarik dan up to date. Beliau berpesan sebaiknya acara diadakan secara rutin dan informasinya lebih disebarluaskan agar dapat menjangkau lebih banyak kampus di Indonesia sehingga pesertanya lebih heterogen.




Fakultas MIPA sebagai penyelenggara seminar, tentunya akan berusaha dengan baik untuk menyelenggarakan kegiatan yang berkualitas di tahun-tahun mendatang. Penyelenggara juga berharap diskusi yang terfokus pada topik tertentu dalam bidang matematika dan informatika dapat memicu pertukaran ide yang lebih mendalam antara peserta. Ini dapat merangsang pemikiran kreatif dan pemecahan masalah dalam bidang-bidang khusus tersebut.