Tim Penelitian FH UNUD Mengikuti Seminar Internasional dan Munas APHKI 2023

Penulis: Tim UPIKS FH UNUD | Editor: Md Suksma PDS

Medan, FLUNUD.ac.id – 4 orang dosen perwakilan Tim Penelitian FH UNUD yang terdiri dari: Prof. Dr. Desak Putu Dewi Kasih, S.H., M.Hum, LLM, Putu Aras Samsithawrati, S.H., LLM, Putri Triari Dwijayanthi, S.H., M.H. dan Dr. Md Suksma Prijandhini Devi Salain, S.H., M.H. mengikuti Seminar Internasional dan Musyawarah Nasional (Munas) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengajar Hak Kekayaan Intelelektual di FH Universitas Sumatera Utara (USU), Medan dari tanggal 29 – 31 Agustus 2023.

Kegiatan diawali dengan Welcoming Dinner di Jati Ballroom Hotel Radisson, Medan dan dilanjutkan keesokan harinya dengan Seminar Internasional dan Munas. Seminar Internasional yang diselenggarakan oleh APHKI bertemakan “Peran Kekayaan Intelektual dalam Mewujudkan Kemandirian Perekonomian Bangsa dengan subtema: Paradigma Pembangunan Berkelanjutan di Era Industrial Revolution 4.0 dan Industrial Society 5.0 dalam Perspektif Green and Blue Economics menghadirkan beberapa Pembicara Utama, yaitu: Keynote Speaker, Dr. Andriensjah, S.T., S.H., MM (Kepala Bagian Program & Pelaporan Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI), Mr. Oka Hiroyuki (Japan INternasional Cooperation Agency-Expert on Intellectual Property-DJKI), Prof. Dr. Ida Madieha Abdul Ghani Azmi (Guru Besar di Ahmad Ibrahim Kulliyah of Laws dan International Islamic University Malaysia). 

Setelah ketiga pembicara utama selesai dilanjutkan dengan sesi paralel yang dibagi menjadi 2 sesi di beberapa ruangan kecil. Tim Penelitian FH UNUD melakukan presentasi pada sesi paralel pertama di Ruang B. 

Tim Penelitian Pertama mempresentasikan penelitian yang berjudul “Penta Helix Collaboration: Enhancing the Protection of Communal Intellectual Property in Bali” dan Tim Penelitian Kedua mempresentasikan penelitian dengan judul: “Quo Vadis the Protection of Traditional Cultural Expressions: Threats from Personal Intellectual Property and Artificial Intelligence.” Sesi paralel berlangsung dengan baik dan dilanjutkan dengan sesi paralel kedua.

Berakhirnya sesi paralel dilanjutkan dengan Munas APHKI yang membahas mengenai program kerja, pertanggungjawaban kepengurusan APHKI periode 2020-2023 dan pemilihan ketua APHKI. Maka di akhir acara munas terpilih Ketua APHKI yang baru, yaitu: Prof. Dr. Adi Sulistiyono,S.H., M.H.