Lomba Pendidik Sebaya Dalam Rangka Hari Anak Nasional 2023

Lomba Pendidik Sebaya Dalam Rangka Hari Anak Nasional 2023

 

Divisi Khusus Komunitas Mahasiswa Peduli Kesehatan Ibu dan Anak Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (DK KMP KIA HMKM) FK Unud menyelenggarakan rangkaian kegiatan Hari Anak Nasional 2023 yaitu Lomba Pendidik Sebaya (LPS) pada hari Minggu, 9 Juli 2023. Kegiatan ini menggusung tema “The Soul of A Leader is Born From A Brave and Caring Generation”yang diselenggarakan di ruang Nusantara, Gedung Agrokomplek Universitas Udayana. 

 

Harapannya dengan diselenggarakannya Lomba Pendidik Sebaya ini, dapat menciptakan generasi bangsa yang berani serta peduli akan permasalahan-permasalahan yang ada di sekitar kita sehingga dapat menjadi contoh mulai dari lingkup terkecil seperti teman sebayanya agar dapat turut serta bergerak mengatasi permasalahan tersebut dan dapat mendukung terciptanya generasi emas 2045.

 

Acara dihadiri oleh Koordinator Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat yang diwakilkan oleh Koordinator Kemahasiswaan Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat, Ngakan Putu Anom Harjana, S.KM., M.A yang sekaligus membuka kegiatan LPS Hari Anak Nasional secara resmi, perwakilan BEM, ketua HMKM, Kepala Divisi Khusus Komunitas Mahasiswa Peduli Kesehatan Ibu dan Anak, serta Ketua Panitia Hari Anak Nasional DK KMP KIA 2023. Dalam sambutannya Koordinator Kemahasiswaan PSSKM, Bapak Anom menyampaikan bahwa anak merupakan generasi emas yang akan melanjutkan perjuangan suatu bangsa dimana saat ini terjadi fenomena bonus demografi yang sebagian besar penduduknya adalah usia muda. 

 

Lomba Pendidik Sebaya 2023 diikuti oleh 11 peserta SMP dan 10 peserta SMA dimana sudah terpilih 5 finalis dari masing-masing kategori yang maju ke babak final. Tiga dewan juri yang menjadi penilai dalam perlombaan ini adalah:

1. dr. I Gusti Agung Ayu Decy Partiwi, S.Ked

2. Ngakan Putu Anom Harjana, S.KM., M.A. 

3. I Kadek Agus Pranata, S.Kep

 

Pada LPS kali ini yang menjadi pemenang dari kategori SMP yaitu:

• Juara 1: Stephen Jefferson Tjandra dari SMP CHIS Denpasar

• Juara 2: Ni Komang Olivia Matalia Putri dari SMP Wisata Sanur

• Juara 3: Ni Putu Gendis Cahyanata Pramesti dari SMP Negeri 2 Denpasar

 

Sedangkan pemenang untuk kategori SMA yaitu:

• Juara 1: Ni Putu Sri Achindya Trishna dari SMK Negeri 3 Denpasar

• Juara 2: Ni Komang Trisia Dikayana dari SMK Negeri 3 Denpasar

• Juara 3: Arya Putra Hartono dari SMA Tunas Daud